Perancangan Sekolah Alam Tingkat Sekolah Dasar Anti Perundungan dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku
Perancangan sekolah alam untuk jenjang sekolah dasar ini mengangkat permasalahan perundungan yang kerap muncul di dunia pendidikan. Proyek ini difokuskan pada pendekatan yang bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak, serta membangun suasana belajar yang bebas dari tindakan perundungan. Proses perancangannya melibatkan penelitian melalui analisis perilaku siswa secara langsung dan melalui sebuah film yang kemudian diwujudkan ke dalam bentuk desain bangunan, tata peletakan ruang dan fasad bangunan. Dengan memadukan material alam diharapkan siswa dapat mengenal lebih dalam mengenai sumber daya alam.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506050032
Keyword
Sekolah alam Anti perundungan Arsitektur perilaku