Perancangan Sekolah Luar Biasa Tipe C (Tunagrahita) di Bandar Lampung
Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) Tipe C di Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, dilatarbelakangi oleh kebutuhan pendidikan anak tunagrahita yang melebihi kapasitas SLB eksisting serta pentingnya lingkungan belajar yang mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan kemandirian. Sebagai respons, diterapkan konsep Adaptive Cocoon yang menekankan fleksibilitas, kenyamanan psikologis, dan integrasi sosial-lingkungan untuk menciptakan ruang belajar yang aman, terstruktur, dan adaptif terhadap kebutuhan individual. Implementasi desain meliputi zoning jelas dengan sirkulasi logis, zona transisi antara ruang aktif dan tenang untuk keamanan dan kenyamanan, ruang kelas fleksibel, serta integrasi alam melalui taman sensorik dan ruang terbuka hijau. Hasil rancangan berupa satu massa bangunan satu lantai seluas 2.295,625 m², mencakup fasilitas ruang pembelajaran umum dan khusus, laboratorium, administrasi, perpustakaan, area bermain, ruang ibadah, kantin, toilet, dan parkir, yang mendukung siswa SDLB, SMPLB, dan SMALB tunagrahita ringan dalam lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506040022
Keyword
Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Lingkungan belajar inklusif