(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Keausan Brake Pad Sarana LRT Jakarta Serta Perbandingan Kekerasan dan Koefisien Gesek Pada Brake Pad


Sistem pengereman merupakan komponen krusial dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan operasi kereta api, termasuk pada LRT Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keausan brake pad berbahan Metal Matrix Composite (MMC) yang digunakan pada sarana LRT Jakarta, serta membandingkan karakteristik kekerasan dan koefisien gesek dari tiga jenis material komposit, yaitu MMC, Polymer Matrix Composite (PMC), dan Ceramic Matrix Composite (CMC). Analisis keausan dilakukan secara kuantitatif selama tujuh bulan, sementara itu perbandingan sifat material didasarkan pada studi literatur. Hasil perhitungan pada brake pad yang terpasang di bogie McA menunjukkan nilai keausan rata-rata sebesar 3,105 ×10−7, sedangkan pada brake pad yang terpasang di bogie McB menunjukkan nilai keausan rata-rata sebesar 3,62 × 10−7

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506030117

Keyword
keausan brake pad LRT Jakarta MMC PMC CMC Koefisien Gesek Kekerasan