Penyusunan Strategi Pemasaran Kopi Susu Gula Aren “Palma” di Coffee Shop Twofirst Kota Bandar Lampung
Twofirst merupakan coffee shop yang menyediakan minuman olahan kopi dan non kopi. Produk kopi susu gula aren “palma” merupakan produk unggulan dari coffee shop Twofirst. Salah satu tantangan coffee shop Twofirst yaitu persaingan dengan coffee shop terdekat yang memiliki produk sejenis. Tujuan penelitian ini yaitu menyusun alternatif strategi pemasaran coffee shop Twofirst dengan analisis SWOT dan menentukan prioritas strategi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil analisis SWOT coffee shop Twofirst berada pada kuadran I yang berarti fokus pada pertumbuhan agresif. Situasi yang dihadapi sangat menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Pada penelitian didapatkan 11 strategi yang direkomendasikan. Hasil perhitungan Analytical Hierarchy Process (AHP) menunjukan bahwa memaksimalkan promosi melalui media sosial secara teratur (SO1) merupakan prioritas strategi tertinggi dengan nilai bobot 0,25. Selanjutnya prioritas kedua yaitu mempertahankan dan mengembangkan sistem pembayaran yang beragam agar memudahkan konsumen melakukan pembelian produk (SO2) dengan nilai bobot 0,18. Prioritas strategi ketiga yaitu mempertahankan mutu produk (SO3) dengan nilai bobot 0,14.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506030008
Keyword
AHP Analisis SWOT Coffee Shop Marketing Mix