(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS KETERTARIKAN TERHADAP PENGGUNAAN BUS SEKOLAH KOTA METRO DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) (STUDI KASUS : KORIDOR 1, METRO BARAT – METRO PUSAT )


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ketertarikan masyarakat terhadap penggunaan bus sekolah di Kota Metro sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah kemacetan di kawasan sekolah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingginya ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi (77% responden) untuk mengantar pelajar ke sekolah, yang menyebabkan kemacetan dan polusi udara. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui software SmartPLS 3, penelitian ini menganalisis data dari 200 responden pelajar di rute Metro Barat-Metro Pusat. Hasil karakteristik responden menunjukkan mayoritas pelajar berusia 17 tahun (31%), berjenis kelamin laki-laki (63%), menggunakan motor (64%), dan menempuh jarak 1-3 km (30%) ke sekolah. Analisis SEM mengidentifikasi bahwa variabel keamanan memiliki pengaruh paling signifikan terhadap ketertarikan penggunaan bus sekolah dengan nilai T-statistic 7,326 dan p-value 0,000, diikuti oleh variabel kenyamanan (p-value 0,016). Sementara itu, variabel keandalan tidak menunjukkan pengaruh signifikan (p-value 0,190). Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemerintah daerah dalam merancang kebijakan transportasi sekolah yang berkelanjutan, dengan menekankan pada peningkatan aspek keamanan dan kenyamanan sebagai faktor kunci untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi dan menciptakan sistem transportasi sekolah yang lebih efisien dan ramah lingkungan di Kota Metro.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506020096

Keyword
Bus Sekolah SEM Transportasi Berkelanjutan Keamanan Kota Metro Analisis Faktor