(0721) 8030188    [email protected]   

Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) Serta Keberlanjutan Sosial Transportasi di Kawasan Grogol


Transit Oriented Development (TOD) merupakan konsep pengembangan kawasan yang bertujuan menciptakan lingkungan yang mendukung transportasi berkelanjutan melalui mobilitas aktif dan penggunaan transportasi umum. Konsep ini dirancang untuk meningkatkan mobilitas penduduk serta mewujudkan kawasan yang nyaman, aman, dan inklusif. Jakarta, sebagai kota dengan tingkat mobilitas tinggi, telah mulai menerapkan konsep TOD di berbagai wilayah, salah satunya kawasan Grogol yang ditetapkan sebagai kawasan TOD dalam RTRW DKI Jakarta 2011–2030. Kawasan Grogol memiliki lokasi strategis, simpul transportasi, serta karakteristik lingkungan yang mendukung implementasi TOD. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keberlanjutan sosial transportasi dalam penerapan konsep (TOD) di Kawasan Grogol. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif, komparatif, dan skoring. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, serta data dari instansi terkait. Kesesuaian penerapan konsep TOD dianalisis berdasarkan empat prinsip utama, yaitu kepadatan (density), keberagaman (diversity), desain (design), dan integrasi moda (transit). Sementara itu, keberlanjutan sosial transportasi diukur berdasarkan persepsi masyarakat terhadap aspek kesetaraan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, pengembangan komunitas, serta pelestarian budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian penerapan konsep TOD di Kawasan Grogol mencapai 60%, sehingga termasuk dalam kategori “mendekati sesuai” berdasarkan prinsip-prinsip TOD. Sementara itu, keberlanjutan sosial transportasi berdasarkan persepsi masyarakat memperoleh indeks sebesar 72,04%, yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, Kawasan Grogol memiliki potensi yang besar dalam mewujudkan keberlanjutan sosial transportasi melalui penerapan konsep TOD. Namun, masih diperlukan upaya peningkatan, integrasi, dan pemenuhan terhadap setiap variabel dalam konsep TOD guna menciptakan keberlanjutan sosial transportasi yang lebih baik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506020031

Keyword
Transit Oriented Development Keberlanjutan Sosial Transportasi Kawasan Grogol