(0721) 8030188    [email protected]   

STRATEGI PENINGKATAN PENDAFTAR MEMBERSHIP BATIQAONE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS TAMU DAN PENDAPATAN BATIQA HOTEL LAMPUNG


Peningkatan pariwisata juga meningkatkan kebutuhan pada jasa akomodasi. Jumlah hotel di Bandarlampung terus mengalami peningkatan sejak 2019 hingga saat ini. Ketatnya persaingan menuntut hotel untuk dapat beradaptasi dengan tren yang akan terjadi dipasar dengan memiliki keunggulan kompetitif yang didapatkan dengan menganalisis faktor kekuatan dan kelemahan yang berasal dari lingkungan eksternal dan internal. Meningkatnya persaingan, menuntut hotel memiliki inovasi terlebih dalam mempertahankan tamu mereka, seperti program loyalitas. Mengenalkan suatu inovasi memerlukan perenanaan strategi yang komprehensif. Metode SWOT digunakan untuk menganalisis faktor yang dimiliki oleh hotel dan metode QSPM untuk menentukan strategi terpilih. Hasil penelitian mendapati BATIQA Hotel Lampung memiliki sebelas strength, lima weakness, lima opportunity, dan empat threat. Strategi yang dinilai efektif untuk diterapkan yaitu kemitraan dengan pihak pembayaran (bank), kemitraan dengan pemerintah setempat, dan melakukan iklan berbayar di media sosial mengenai BATIQAOne.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505290012

Keyword
program loyalitas hotel strategi faktor internal faktor eksternal