ANALISIS KEAUSAN BRAKE PAD SARANA LRT JAKARTA SERTA PERBANDINGAN KEKERASAN DAN KOEFISIEN GESEK PADA BRAKE PAD.
Sistem pengereman merupakan komponen krusial dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan operasi kereta api, termasuk pada LRT Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keausan brake pad berbahan Metal Matrix Composite (MMC) yang digunakan pada sarana LRT Jakarta, serta membandingkan karakteristik kekerasan dan koefisien gesek dari tiga jenis material komposit, yaitu MMC, Polymer Matrix Composite (PMC), dan Ceramic Matrix Composite (CMC). Analisis keausan dilakukan secara kuantitatif selama tujuh bulan, sementara itu perbandingan sifat material didasarkan pada studi literatur. Hasil perhitungan pada brake pad yang terpasang di bogie McA menunjukkan nilai keausan rata-rata sebesar
3,105×10^(-7), sedangkan pada brake pad yang terpasang di bogie McB menunjukkan nilai keausan rata-rata sebesar 3,62 × 10^(-7) 〖mm〗^3/Nm, kemudian pada brake pad yang terpasang di bogie trailer menunjukkan nilai keausan rata-rata sebesar7,02 ×10^(-7) 〖mm〗^3/Nm. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa keausan tertinggi terjadi pada bogie trailer, disebabkan oleh frekuensi pengereman yang lebih tinggi. Sementara itu, hasil studi literatur menunjukkan bahwa MMC memiliki koefisien gesek yang stabil dan kekerasan yang sedang, PMC unggul dari segi bobot ringan namun memiliki koefisien gesek dan kekerasan yang lebih rendah, sedangkan CMC menunjukkan kekerasan tinggi dan performa optimal pada suhu tinggi namun cenderung memiliki fluktuasi koefisien gesek pada kecepatan tinggi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pemilihan material brake pad yang efisien, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan operasional LRT Jakarta.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505270057
Keyword
Keausan, Brake pad, LRT Jakarta, MMC, PMC, CMC, K