(0721) 8030188    [email protected]   

EVALUASI PEMBELAJARAN ADAPTIF BERBASIS KECERDASAN BUATAN DI PERGURUAN TINGGI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW


Pendidikan tinggi mengalami transformasi signifikan melalui integrasi sistem pembelajaran adaptif berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu mempersonalisasi materi, kecepatan, dan gaya belajar sesuai kebutuhan individu, serta memberikan umpan balik secara real-time. Meskipun menawarkan berbagai manfaat, penerapan AI juga menghadapi tantangan seperti isu privasi, etika, dan perubahan peran pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis perkembangan dan dampak implementasi AI dalam pendidikan tinggi menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan metode PRISMA. Literatur yang dianalisis dipilih dari tiga database utama (IEEE Xplore, ACM Digital Library, dan Google Scholar) dengan kriteria inklusi seperti artikel berbahasa Inggris, peer-reviewed, open access, dan terbit pada periode 2019–2024. Dari 70 artikel awal, hanya 23 yang memenuhi kriteria ketat untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil menunjukkan bahwa seluruh artikel tersebut melaporkan dampak positif AI terhadap proses pembelajaran, dengan nilai Positive Percentage Calculation (PPC) sebesar 100%. Algoritma yang paling sering digunakan adalah Deep Neural Networks (DNN), Reinforcement Learning (RL), dan Large Language Models (LLMs), serta metrik evaluasi yang umum meliputi akurasi, AUC, precision, recall, dan F1-score. Penelitian ini juga mengidentifikasi kesenjangan dalam studi, terutama terkait dampak jangka panjang dan isu etika. Oleh karena itu, disarankan agar penelitian selanjutnya memperluas sumber literatur, mengkaji konteks lokal di Indonesia, serta mengembangkan model AI berbasis temuan yang ada guna menciptakan sistem pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan relevan secara kontekstual

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505260068

Keyword
Pembelajaran Adaptif Artificial Intelligence Pendidikan Tinggi Systematic Literature Review PRISMA Positive Percentage Calculation