PEMBUATAN WEBSITE SIAKAD MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (PXP) (Studi Kasus : SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG)
Penelitian ini mencoba menjawab permasalahan penting dalam bidang pendidikan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi. Pada SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG yang menjadi studi kasus penelitian ini, tantangannya adalah pengelolaan yang ada dalam sekolah tersebut masih menggunakan sistem manual mulai dari penilaian, penjadwalan dan presensi. Untuk mengatasi masalah ini, telah berhasil dikembangkan sistem infromasi akademik (SIAKAD) berbasis web dengan metode Personal eXtreme Programming (PXP). Sistem informasi ini dapat memudahkan pelaksanaan pengelolaan jadwal, nilai dan presensi, yang akan mengurangi beban kerja guru. Pengujian Black Box Testing yang dilakukan oleh pihak SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG menunjukkan bahwa aplikasi ini memenuhi kebutuhan pengguna, sesuai dengan user stories yang telah dikumpulkan. Selain itu, evaluasi usability dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa pengguna aplikasi, termasuk guru dan siswa, memberikan skor akhir sebesar 92.11, yang masuk dalam kategori "acceptable," yang menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan dapat diterima dengan baik. Dengan demikian, penelitian ini berhasil mengatasi permasalahan dalam pengelolaan penilaian, jadwal dan presensi di SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG, dan membuka potensi untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi solusi yang relevan dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.
Kata kunci : SIAKAD, Personal eXtreme Programming, Black Box, System Usability Scale, User Stories
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505240027
Keyword
website