PENGUKURAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PADA DESAIN RAMBU LALU LINTAS ITERA BERDASARKAN PERSEPSI DAN JENIS KEPRIBADIAN MAHASISWA
Peningkatan jumlah kendaraan di lingkungan kampus ITERA menyebabkan tingginya intensitas lalu lintas, dan potensi kecelakaan. Observasi menunjukkan masih tingginya pelanggaran terhadap rambu lalu lintas oleh mahasiswa, yang mengindikasikan rendahnya tingkat pemahaman terhadap rambu yang dapat dipengaruhi oleh persepsi visual dan kepribadian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap desain rambu lalu lintas ITERA berdasarkan persepsi dan jenis kepribadian, serta memberikan rekomendasi perbaikan desain rambu lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan jenis kepribadian agreeableness memiliki tingkat pemahaman tertinggi terhadap rambu lalu lintas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perancangan rambu lalu lintas dengan pendekatan ergonomi visual dan pendekatan kepribadian sehingga meningkatkan keselamatan berkendara di lingkungan kampus.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505200018
Keyword
rambu lalu lintas pemahaman kepribadian persepsi