Perancangan Macro Visual Basic for Application (VBA) Menggunakan Model Waterfall sebagai Alat Bantu Penghitungan Data Nilai Siswa di Smpn 24 Bandar Lampung
Penghitungan nilai merupakan salah satu aktivitas penting dalam lembaga pendidikan sekolah, tidak terkecuali di SMPN 24 Bandar Lampung. Penghitungan nilai dilakukan oleh salah satu pemangku kepentingan di sekolah, yaitu guru. Pentingnya penghitungan nilai ini tidak sejalan dengan tingkat efisiensi prosesnya. Hal ini dikarenakan prosesnya yang masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kalkulator dan pencatatan dengan buku nilai. Permasalahan inilah yang membuat peneliti melakukan perancangan sistem untuk meningkatkan efisiensi proses penghitungan nilai. Perancangan dilakukan menggunakan model waterfall, dengan tahapan proses analisis kebutuhan, desain, implementasi, serta pengujian sistem.
Analisis kebutuhan dilakukan dengan wawancara dan pengamatan terhadap objek penelitian. Desain sistem meliputi perancangan BPMN, use case diagram, ERD, dan DFD. Implementasi ialah tahap perancangan kode menggunakan bahasa pemrograman visual basic berbasis Microsoft Excel. Rancangan tersebut menghasilkan sistem sign up, login, penghitungan nilai, serta konversi nilai. Sistem yang telah dirancang diuji menggunakan metode black box guna mengetahui kesesuaian sistem tersebut dengan kebutuhan pengguna dan efisiensi waktu siklus untuk menghitung tingkat efisiensi proses penghitungan nilai manual (eksisting) dan menggunakan sistem (usulan). Berdasarkan penghitungan tersebut, terdapat perbedaan penggunaan waktu pada proses pemasukan nilai (RVA), yaitu 1285 s untuk eksisting dan 1358 s untuk usulan. Perbedaan waktu juga terjadi pada proses pengecekan hasil penghitungan nilai (BVA), yaitu 340 s untuk eksisting dan 46 s untuk usulan. Perbedaan penggunaan waktu inilah yang membuat tingkat efisiensi meningkat 13%, dari 83% menjadi 96%.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505180016
Keyword
Sistem Penghitungan Nilai Sekolah Metode Waterfall Efisiensi