(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK ES KOPI SUSU DAJA DAN PELAYANAN DI KAFE DAJA HOUSE


View/Open

Author
FADHILAH, AUDINA

Advisor

Koleksi
Teknologi Industri Pertanian

Publisher


Daja House adalah salah satu kafe yang menawarkan es kopi susu daja sebagai produk unggulannya. Bulan Januari hingga September 2023, penjualan es kopi susu daja cenderung berfluktuasi. Akan tetapi, sejak bulan Oktober 2023 hingga Juni 2024 mengalami penurunan penjualan. Penurunan angka penjualan es kopi susu daja disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah adanya ketidakkonsistenan rasa kopi yang dihasilkan dan variasi tingkat pengalaman barista. Faktor kedua adalah pelayanan yang diberikan oleh kafe Daja House belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk es kopi susu daja dan pelayanan di kafe Daja House menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) serta menentukan prioritas perbaikan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI untuk kualitas produk es kopi susu daja mencapai 76,80%, sementara kualitas pelayanan sebesar 79,20% yang berarti bahwa pelanggan merasa "puas" terhadap produk dan pelayanan dari metode CSI. Berdasarkan analisis IPA, terdapat empat atribut kualitas produk dan tiga atribut kualitas pelayanan yang menjadi prioritas utama perbaikan. Hasil ini menunjukkan bahwa masih perlunya peningkatan pada atribut di kuadran I, yaitu atribut dengan tingkat kepentingan tinggi, tetapi tingkat kepuasan rendah. Atribut di kuadran I kualitas produk yang paling penting adalah konsistensi rasa es kopi susu daja setiap kali dipesan, sedangkan atribut kualitas pelayanan adalah keramahan karyawan dalam melayani pelanggan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505020004

Keyword
CSI, IPA, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan,