(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Kinerja Fasilitas U-Turn Terhadap Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Ahmad Yani Kota Batam Menggunakan Perangkat Lunak Mikrosimulasi VISSIM


Sebagai ruas jalan yang cukup strategis di Kota Batam, Jalan Ahmad Yani mengalami volume kendaraan yang padat akibat perkembangan kota yang masif. Terdapat Titik U-Turn di ruas jalan yang sering memicu hambatan pada arus kendaraan, khususnya saat arus lalu lintas mencapai jam puncak. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menganalisis kinerja Ruas Jalan Ahmad Yani akibat pergerakan kendaraan pada bukaan median jalan (u-turn), dan mencari skenario perbaikan yang dapat mengatasi permasalahan menggunakan perangkat lunak mikrosimulasi PTV VISSIM. Setelah memodelkan geometri eksisting dan mengkalibrasi parameter pada VISSIM, hasil keluaran kecepatan kendaraan akan diuji akurasinya menggunakan Uji-T Berpasangan. Jam puncak pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 08.15-09.15 WIB dengan kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 26,62 km/jam, panjang antrean 117,5 meter, dan waktu tundaan 11,01 detik pada arah Utara-Selatan. Kecepatan rata-rata sebesar 40,99 km/jam, panjang antrean 204,5 meter, dan waktu tundaan 12,43 detik pada arah Selatan-Utara. Terdapat 3 skenario perbaikan yang dilakukan yaitu, pertama menutup fasilitas U-Turn, kedua mengubah tipe fasilitas u-turn sesuai dengan rekomendasi Pedoman Perencanaan Putar Balik oleh Bina Marga, dan ketiga mengubah fasilitas putar balik menjadi u-turn bridge. Skenario yang dipilih adalah skenario 2 dengan peningkatan kecepatan sebesar 4,95%, penurunan panjang antrean sebesar 24,95%, pemangkasan waktu tundaan sebesar 24,04% pada arah Utara-Selatan, dan peningkatan kecepatan sebesar 1,02%, penurunan panjang antrean sebesar 33,41%, pemangkasan waktu tundaan sebesar 55,07% pada arah Selatan-Utara.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2503070001

Keyword
U-Turn Kinerja ruas jalan VISSIM Uji-T Kecepatan Antrean Tundaan Perbaikan