(0721) 8030188    [email protected]   

PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN KOPI MANTAP PADA UMKM GENTO DI KECAMATAN PEKALONGAN, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR


UMKM Gento adalah salah satu usaha yang mengelola kopi bubuk sejak tahun 2008 di Pekalongan, Lampung Timur. Pada tahun 2018-2023, UMKM Gento mengalami penurunan penjualan sebesar 16,67% dikarenakan banyaknya bermunculan pesaing yang sejenis, distribusi penjualan terbatas, kegiatan pemasaran belum menggunakan media sosial dan kemasan yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menyusun strategi pemasaran produk Kopi Mantap UMKM Gento dengan metode Strength, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT) dan menganalisis prioritas strategi menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Gento berada di sel 1 berarti fokus pada strategi pertumbuhan intensif dan integrasi. Pada penelitian diperoleh 15 strategi dari matriks SWOT. Hasil analisis TOPSIS menunjukkan bahwa terdapat tiga periode strategi yang dapat diimplementasikan oleh UMKM Gento. Pada periode pertama, direkomendasikan 5 strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM Gento. Strategi yang memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,651 di periode pertama yaitu mempertahankan hubungan kerjasama yang baik dengan pemasok. Periode kedua juga direkomendasikan 5 strategi yang dapat diterapkan di UMKM Gento. Strategi yang memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,541 di periode kedua yaitu membentuk tim pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Pada periode ketiga direkomendasikan 5 strategi untuk diterapkan di UMKM Gento. Strategi yang memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,514 di periode ketiga yaitu penambahan sistem pembayaran digital agar mempermudah konsumen melakukan transaksi pembayaran.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170100

Keyword
Analisis SWOT, Marketing Mix, Porter’s Five Forces