PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN KOPI MANTAP PADA UMKM GENTO DI KECAMATAN PEKALONGAN, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
UMKM Gento adalah salah satu usaha yang mengelola kopi bubuk sejak tahun 2008 di Pekalongan, Lampung Timur. Pada tahun 2018-2023, UMKM Gento mengalami penurunan penjualan sebesar 16,67% dikarenakan banyaknya bermunculan pesaing yang sejenis, distribusi penjualan terbatas, kegiatan
pemasaran belum menggunakan media sosial dan kemasan yang kurang menarik.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menyusun strategi pemasaran produk Kopi
Mantap UMKM Gento dengan metode Strength, Weakness, Opportunities and
Threats (SWOT) dan menganalisis prioritas strategi menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Gento berada di sel 1 berarti fokus pada strategi pertumbuhan intensif dan integrasi. Pada penelitian diperoleh 15 strategi
dari matriks SWOT. Hasil analisis TOPSIS menunjukkan bahwa terdapat tiga
periode strategi yang dapat diimplementasikan oleh UMKM Gento. Pada periode
pertama, direkomendasikan 5 strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM Gento.
Strategi yang memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,651 di periode pertama
yaitu mempertahankan hubungan kerjasama yang baik dengan pemasok. Periode
kedua juga direkomendasikan 5 strategi yang dapat diterapkan di UMKM Gento.
Strategi yang memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,541 di periode kedua yaitu
membentuk tim pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Pada periode ketiga
direkomendasikan 5 strategi untuk diterapkan di UMKM Gento. Strategi yang
memiliki nilai preferensi jarak tertinggi 0,514 di periode ketiga yaitu penambahan
sistem pembayaran digital agar mempermudah konsumen melakukan transaksi pembayaran.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170100
Keyword
Analisis SWOT, Marketing Mix, Porter’s Five Forces