Pengembangan Sistem Monitoring Capaian Pembelajaran Siswa Berbasis Website Menggunakan Metode Modified Waterfall (Studi Kasus: Bimbingan Belajar SANEDU)
Lembaga Bimbingan Belajar merupakan jalur pendidikan nonformal yang melaksanakan program pembelajaran secara fleksibel, dan sistematis, serta berlangsung di luar sistem pendidikan formal. Pada Bimbingan Belajar SANEDU proses belajar mengajar yang terjadi masih menggunakan sistem yang konvensional, terutama perihal pencatatan hasil perkembangan belajar siswa. Hal tersebut tentunya menyebabkan keterbatasan dalam efisiensi dan akurasi pengelolaan hasil pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut, dengan mengembangkan sistem monitoring pembelajaran siswa menggunakan metode modified waterfall yang memiliki lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, implementasi desain, pengujian, dan pemeliharaan sistem. Selain itu, sistem yang telah dikembangkan diuji menggunakan pendekatan black box testing serta User Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem telah berhasil dikembangkan menggunakan metode modified waterfall. Pengujian fungsionalitas sistem melalui pendekatan black box testing menghasilkan tingkat validitas 100%. Pengujian UAT dengan 72 responden yang berpartisipasi dalam mengevaluasi sistem, menghasilkan skor interpretasi sebesar 86% yang dikategorikan sebagai kategori ’Sangat Baik’. Dengan demikian, sistem monitoring capaian pembelajaran ini dapat memberikan manfaat dalam mengelola dan memantau perkembangan belajar siswa.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170034
Keyword
Bimbingan Belajar Sistem Monitoring Modified Waterfall Black Box User Acceptance Testing (UAT)