(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SAYURAN BERBASIS WEBSITE METRO SAYUR MENGGUNAKAN METODE WATERFALL MODIFIED (Studi Kasus : Sentra Kreatif Metro)


SEKAM (Sentra Kreatif Kota Metro) merupakan program kerja dibawah dinas perdagangan Kota Metro yang hadir sebagai wadah bagi para pelaku UMKM agar dapat memasarkan produknya. Diantaranya disektor jual beli sayuran, permasalahan yang sering dijumpai oleh customer adalah sayuran yang tersedia diwarung dan dipedagang keliling tidak sesuai dengan keinginan customer. Sehingga customer harus ke pasar atau ke supermarket untuk mencari sayuran tersebut yang tentunya akan memakan lebih banyak waktu dan biaya. Dengan adanya sistem informasi Metro Sayur, diharapkan dapat membantu pekerjaan para pedagang sayur keliling dan menambah lapangan kerja baru sebagai driver antar. Inventory dihadirkan untuk megatur harga sayuran. Agar customer dapat melihat update harga sayuran. Perancangan sistem ini menggunakan metode Waterfall Modified terdiri dari requirement analyst, design, implementasi, testing dan maintenance. Pada penelitian ini penulis mengumpulkan data melalui wawancara dengan kepala SEKAM sehingga didapatkan data yang akan diolah untuk dijadikan kebutuhan fungsional dan non fungsional. Setelah itu pembuatan sistem sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan menjadi website siap pakai. Selanjutnya adalah pengujian berdasarkan fungsionalitas sistem dan tampilan sistem. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing dengan 31 test case pada sistem testing dengan persentase 96 %, pengujian tersebut bertujuan untuk mengetahui kesesuain sistem dengan kebutuhan pihak klien. Pengujian non fungsionalitas dilakukan secara online dan offline dengan hasil pengujian 81, hal ini menandakan bahwa tingkat kepuasan responden dikateogrikan baik dan dapat diterima.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170024

Keyword
Penjualan Sayuran, Waterfall Modified, Kota Metro