Analisis Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) Menggunakan Metode
Regresi Linear Berganda dan Metode Time Headway Pada Ruas Jalan Sultan
Agung Bandar Lampung
Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) merupakan angka konversi yang berfungsi untuk
mengubah satuan dari beragam jenis kendaraan menjadi Satuan Mobil Penumpang (SMP).
Nilai EMP yang ada pada PKJI mempunyai rentan waktu yang berbeda dengan sekarang,
untuk itu perlu adanya pembaruan nilai EMP pada ruas jalan yang ada setiap daerah karena
mempunyai karakteristik yang berbeda. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mendapatkan nilai EMP pada ruas jalan Sultan Agung (4/2 T) dan mengetahui kinerja ruas
jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PKJI 2023, metode
regresi linier berganda dan Time Headway. Nilai EMP yang didapat pada penelitian ini
adalah SM 0,48; MP 1, dan KS 1,31 untuk metode Time Headway. Sedangkan nilai EMP
yang diperoleh dengan metode regresi linear berganda adalah SM 0,25; MP 1 dan KS 1,75.
Sementara untuk kapasitas jalan diperoleh sebesar 3434 kend/jam, dan untuk derajat
kejenuhan metode PKJI 2023 ruas kiri dan kanan masing-masing sebesar 0,58 dan 0,49
sedangkan metode Time Headway ruas kiri dan ruas kanan masing-masing 0,76 dan 0,66
dan metode regresi linear berganda ruas kiri dan ruas kanan masing-masing 0,59 dan 0,50.
Nilai derajat kejenuhan pada perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan hasil < 0,85
dapat disimpulkan bahwa kinerja ruas pada jalan tersebut dikatakan baik.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502130047
Keyword
EMP PKJI 2023 Time Headway Regresi Linear Berganda