(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY NON-IMMERSIVE UNTUK SISTEM TERAPI SEPEDA CERMIN MENGGUNAKAN UNITY 3D


Pasca-stroke seringkali menyebabkan gangguan fungsi motorik, termasuk pada ekstremitas atas, yang memerlukan terapi fisik untuk pemulihan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji kelayakan aplikasi Virtual Reality (VR) Non-Immersive sebagai alat bantu terapi sepeda cermin yang efektif. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity 3D dengan integrasi sensor infrared untuk mendeteksi gerakan tubuh pengguna. Pengujian kelayakan dilakukan melalui kuesioner USE untuk mengevaluasi usability dan kuesioner Motion Sickness untuk menilai efek samping. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih 20 subjek sehat berusia 20-65 tahun sesuai kriteria inklusi. Hasil pengukuran usability menunjukkan nilai 86%, yang berada dalam rentang 83-100%, menandakan aplikasi ini sangat layak digunakan. Selain itu, hasil kuesioner Motion Sickness dari 13 pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner, terdapat 11 pertanyaan yang memperoleh rata-rata skor 1, yang menunjukkan bahwa subjek tidak mengalami efek samping yang signifikan setelah latihan menggunakan VR. Dengan demikian, aplikasi VR ini dinilai aman, dan nyaman dalam mendukung terapi sepeda cermin, memberikan pengalaman positif bagi pengguna sekaligus meningkatkan motivasi untuk terapi fisik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502130033

Keyword
arduino leonardo unity 3d infrared sepeda cermin virtual reality