Pengaruh E-WOM Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Mie Gacoan di Kota Bandar Lampung : Studi Kasus Cabang Way Halim
View/Open
Author
Muhammad, Zayni Muttaqin
Advisor
Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M,Si., Ph.D, Alam Fathurochman, S.T., M,T.,
Koleksi
Teknik Industri
Publisher
Perkembangan teknologi informasi membantu pelaku usaha untuk memasarkan produk secara luas dengan menjangkau konsumen diberbagai tempat yang jauh serta memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Electronic Word of Mouth dan Brand Image dapat membentuk niat konsumen untuk melakukan pembelian online di Marketplace Mie Gacoan cabang Way Halim. Selain itu, penelitian ini juga meneliti tentang apakah Brand Image dapat memediasi hubungan antara Electronic Word of Mouth dengan Online Purchase Intenton. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Mix Method Research (MMR) dengan data primer yang dikumpulkan dari 162 responden menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan melalui googleform. Metode Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk mengolah data, dari model pengukuran hingga model struktural dengan bantuan software Smart-PLS versi 3. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel Electronic Word of Mouth dan Brand Image secara signifikan dapat membentuk niat konsumen untuk melakukan pembelian online. Variabel Brand Image terbukti mampu memediasi hubungan antara Electronic Word of Mouth dengan Online Purchase Intenton. Berdasarkan hasil temuan ini, maka direkomendasikan agar Mie Gacoan cabang Way Halim melakukan tindakan perbaikan berdasarkan informasi produk maupun keluhan konsumen di Marketplace dan Google Review, sehingga tidak ada lagi ulasan negatif dari konsumen yang dapat merusak citra merek dan minat konsumen untuk melakukan pembelian.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502120030
Keyword
Electronic Word of Mouth Brand Image Online Purcha