(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda Dan Metode Time Headway Pada Ruas Jalan Letjen Alamsyah Ratu Prawiranegara


Perkembangan volume kendaraan di Bandar Lampung dapat mempengaruhi kinerja jalan. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan evaluasi kapasitas, dalam menentukan kapasitas dapat ditentukan dengan beberapa parameter salah satunya yaitu nilai ekuivalensi mobil penumpang. Dalam penelitian ini, analisis kinerja ruas jalan mengacu pada PKJI 2023. Karakteristik PKJI 2023 dipengaruhi oleh lalu lintas di kota-kota yang ada di Indonesia pada tahun 2011-2013. Sehingga terdapat perbedaan yang terjadi pada tahun tersebut dengan keadaan yang sekarang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan nilai emp pada PKJI 2023 dengan nilai emp lapangan pada saat ini. Penelitian ini menggunakan data hasil survei lapangan meliputi data volume lalu lintas, geometri ruas jalan, hambatan samping, kecepatan kendaraan, dan data time headway iringan kendaraan. Metode yang digunakan dalam perhitungan nilai emp yaitu metode time headway dan metode regresi linear berganda. Didapatkan hasil untuk nilai emp untuk metode time headway pada sepeda motor sebesar 0,58 dan kendaraan sedang sebesar 1,91. Sedangkan nilai emp menggunakan metode regresi linear berganda didapatkan hasil untuk sepeda motor sebesar 0,3 dan untuk kendaraan sedang sebesar 4,41. Hasil tersebut berbeda cukup signifikan dengan nilai emp pada PKJI 2023 untuk sepeda motor sebesar 0,25 untuk sepeda motor dan 1,2 untuk kendaraan sedang. Pada derajat kejenuhan didapatkan nilai DS emp pada PKJI 2023 sebesar 0,24 arah selatan dan 0,14 arah utara, DS emp metode time headway sebesar 0,36 arah Selatan dan 0,20 arah utara, dan DS emp metode regresi linear berganda sebesar 0,26 arah Selatan dan 0,15 arah utara.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502110011

Keyword
EMP Time Headway Regresi Linear Berganda PKJI 2023 Kinerja Ruas Jalan