PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS: UMKM KELANTING GETUK DUA PUTRI)
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kemasan produk pada
UMKM Kelanting Getuk Dua Putri berdasarkan dengan keinginan dan kebutuhan
konsumen serta mematuhi regulasi yang berlaku. Untuk mengetahui keinginan dan
kebutuhan konsumen dilakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang
meliputi variabel material kemasan, tampilan kemasan, dan informasi kemasan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode value engineering
sedangkan untuk melakukan perancangan terhadap alternatif kemasan
menggunakan metode FAST diagram. Pengumpulan data dikumpulkan melalui
google form dan dilakukan pengolahan data menggunakan bantuan software
minitab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta data yang
dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian
ini ialah seluruh konsumen di Kabupaten Pringsewu dengan sampel sebanyak 100
orang untuk dijadikan sebagai responden terpilih yang sesuai dengan kriteria. Hasil
pada penelitian ini berfokus pada informasi kemasan dan tampilan kemasan dengan
alternatif yang terpilih yaitu alternatif 1. Alternatif 1 memiliki kriteria kemasan
dengan material kemasan yang digunakan plastik PP, tampilan desain kemasan
pertama yang dibuat menjadi stiker, bentuk kemasan menggunakan standing pouch
serta informasi kemasan dicantumkan pada bagian depan dan belakang kemasan.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk UMKM Kelanting
Getuk Dua Putri yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen serta
dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk kelanting
getuk di pasaran.
Kata kunci: pengembangan, kemasan, kelanting getuk, value engineering
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502100019
Keyword
Value Engineering Pengembangan Kemasan Kelanting Getuk