(0721) 8030188    [email protected]   

PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS: UMKM KELANTING GETUK DUA PUTRI)


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Teknik Industri

Publisher


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kemasan produk pada UMKM Kelanting Getuk Dua Putri berdasarkan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen serta mematuhi regulasi yang berlaku. Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen dilakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang meliputi variabel material kemasan, tampilan kemasan, dan informasi kemasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode value engineering sedangkan untuk melakukan perancangan terhadap alternatif kemasan menggunakan metode FAST diagram. Pengumpulan data dikumpulkan melalui google form dan dilakukan pengolahan data menggunakan bantuan software minitab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen di Kabupaten Pringsewu dengan sampel sebanyak 100 orang untuk dijadikan sebagai responden terpilih yang sesuai dengan kriteria. Hasil pada penelitian ini berfokus pada informasi kemasan dan tampilan kemasan dengan alternatif yang terpilih yaitu alternatif 1. Alternatif 1 memiliki kriteria kemasan dengan material kemasan yang digunakan plastik PP, tampilan desain kemasan pertama yang dibuat menjadi stiker, bentuk kemasan menggunakan standing pouch serta informasi kemasan dicantumkan pada bagian depan dan belakang kemasan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk UMKM Kelanting Getuk Dua Putri yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen serta dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk kelanting getuk di pasaran. Kata kunci: pengembangan, kemasan, kelanting getuk, value engineering.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502100017

Keyword