(0721) 8030188    [email protected]   

PEMODELAN ELASTIS-PLASTIS 3-POINT BENDING PADA PLAT PVC BERDASARKAN VARIASI JUMLAH LAPISAN DENGAN PEREKAT DAN TANPA PEREKAT MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS


Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada optimalisasi material PVC sebagai alternatif bantalan rel kereta dengan menyusun plat PVC berlapis menggunakan perekat untuk meningkatkan kekuatan mekanisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola deformasi elastis-plastis dan distribusi kontur tegangan pada plat PVC berlapis melalui simulasi 3-point bending. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman lebih dalam mengenai performa mekanis material PVC berlapis untuk aplikasi struktural. Penelitian dilakukan dengan variasi ketebalan plat PVC, yaitu 1x30 mm, 2x15 mm, 3x10 mm, dan 4x7,5 mm, menggunakan perekat epoksi dan tanpa perekat sebagai pembanding. Simulasi dilakukan menggunakan finite element analysis dengan parameter utama berupa deformasi maksimum dan distribusi tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dengan perekat epoksi memiliki distribusi tegangan maksimum yang stabil sebesar 18,825 MPa pada variasi 2, 3, dan 4 lapis, sedangkan model tanpa perekat mengalami penurunan tegangan maksimum pada konfigurasi berlapis. Pola deformasi progresif dengan konsentrasi deformasi tertinggi berada di area tumpuan beban. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perekat epoksi dapat meningkatkan kekuatan mekanis dan stabilitas distribusi tegangan pada plat PVC berlapis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502070029

Keyword
deformasi elastis-plastis 3-point bending distribusi tegangan plat PVC perekat epoksi