PENGARUH APLIKASI DOMPET DIGITAL TERHADAP PERILAKU BELANJA MAHASISWA ITERA (STUDI KASUS APLIKASI DANA DAN OVO)
Penggunaan dompet digital (E-wallet) semakin banyak diminati, seiring dengan pesatnya perkembangan industri teknologi keuangan (fintech). Perkembangan fintech mampu memudahkan dan mendorong pengguna aplikasi salah satunya mahasiswa untuk meningkatkan perilaku belanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan, loyalitas pengguna, serta citra merek terhadap perilaku belanja mahasiswa yang menggunakan aplikasi dompet digital DANA dan OVO. Selain itu, penelitian juga menganalisis apakah loyalitas pengguna dan citra merek mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dengan perilaku belanja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method Research (MMR) dengan data primer yang dikumpulkan sebanyak 155 orang dengan instrumen berupa kuesioner (google form). Metode Structural Equuation Modeling (SEM) merupakan pendekatan statistik yang digunakan untuk menganalisis data, mencakup model pengukuran hingga model struktural dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel kualitas pelayanan, loyalitas pengguna, dan citra merek mampu mempengaruhi perilaku belanja mahasiswa. Merujuk pada temuan ini, maka direkomendasikan kepada pelaku usaha dompet digital DANA dan OVO untuk melakukan improvement dengan menambahkan fitur dompet untuk membantu pengguna dalam mengalokasikan keuangan mereka.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502050067
Keyword