(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN SUPPLIER KOPI PADA CANA CAFÉ DENGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)


Kualitas bahan baku kopi berperan penting dalam kepuasan pelanggan dan keberhasilan opersional bisnis di Industri Makanan dan Minuman. Cana café menghadapi tantangan dalam memilih supplier yang tidak hanya menyediakan produk berkualitas, tetapi juga konsisten dalam pengiriman dan layanan, karena hal ini berdampak langsung pada efisiensi operasional dan kualitas produk akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier kopi pada cana café menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Pemilihan supplier merupakan aspek krusial dalam menjaga kualitas produk dan keberlanjutan operasional bisnis. Metode ANP digunakan karena mampu menangkap hubungan kompleks antar kriteria dan subkriteria yang saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada pihak yang berwenang di cana café. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima kriteria utama dalam pemilihan supplier dan Nyala Roastery terpilih sebagai supplier terbaik dengan bobot tertinggi sebesar 43,3. Kriteria dengan bobot tertinggi adalah kualitas dengan subkriteria kesesuaian jenis kopi yang diinginkan dan konsistensi kualitas kopi yang dikirim sebagai pertimbangan utama.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502040038

Keyword
Analytic Network Process (ANP) Pemilihan Supplier Cana Cafe Kriteria dan Subkriteria Pengambilan Keputusan