PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE DI PT PEGADAIAN CP KEDATON : PERAN MEDIASI CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER TRUST
Persaingan ketat di industri jasa mendorong perusahaan untuk terus berinovasi. PT
Pegadaian CP Kedaton mengalami penurunan jumlah nasabah dan ketidaksesuaian
harapan nasabah. Adanya jenis pendekatan CARTER yang memungkinkan
perusahaan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memberikan
layanan yang lebih baik kepada nasabah. Kepercayaan pelanggan (customer trust)
dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) adalah fondasi kokoh bagi
keberhasilan dan keberlangsungan bisnis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
hubungan antara dimensi kualitas layanan CARTER, customer satisfaction dan
customer trust terhadap brand image, menganalisis hubungan antara dimensi
kualitas layanan CARTER dengan customer satisfaction dan customer trust,
menganalisis peran customer trust dan customer satisfaction sebagai variabel
mediasi terhadap hubungan antara kualitas layanan CARTER terhadap brand
image. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan instrumen berupa
angket kuesioner, menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software
SmartPLS versi 3. Didapatkan hasil bahwa semua hipotesis dapat diterima dengan
capaian masing-masing indikator. Dimensi kualitas layanan CARTER memiliki
pengaruh terhadap customer satisfaction dan customer trust, dimensi kualitas ini
juga memiliki pengaruh pada brand image walaupun tidak dirasakan secara
langsung. Perlunya layanan yang berkualitas tinggi dan harus dipastikan
menciptakan kepercayaan, pengalaman yang menyenangkan agar dapat mendorong
laju pertumbuhan bisnis dan meningkatkan brand image perusahaan. Dengan ini
customer trust dan customer satisfaction berfungsi sebagai jembatan yang
menghubungkan kualitas layanan dengan brand image, dimana kualitas layanan
yang baik mendorong terbentuknya kepercayaan yang pada akhirnya mengarah
pada penguatan brand image. Dapat digarisbawahi pada penelitian ini bahwa
perusahaan selain berfokus pada peningkatan kualitas juga harus berfokus pada
layanan agar tercipatanya customer satisfaction untuk brand image yang kuat dan
berkelanjutan. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperluas cakupan
analisis dengan melibatkan variabel lain yang bisa mempengaruhi brand image.
Penelitian selanjutnya juga dapat menguji model ini pada sektor industri yang
bebeda dan pengumpulan data yang lebih beragam.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2501080005
Keyword
Kualitas Layanan Brand Image Customer Satisfaction Customer Trust