Pengaruh Platform Screen Door (PSD) Failure Terhadap Kinerja Operasi KA LRT JABODEBEK Di Stasiun LRT Jatimulya
Platform Screen Door (PSD) merupakan pintu otomatis yang dipasang di sepanjang tepi peron Stasiun LRT Jabodebek, terpisah dari jalur rel. PSD memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai penghalang antara peron dan jalur kereta, mencegah keterlambatan kereta akibat insiden keselamatan, menghindari penumpang jatuh ke area rel, serta mengoptimalkan pengaturan sirkulasi udara dan suhu di area stasiun. Stasiun LRT Jatimulya mengalami 18 gangguan selama periode 1 caturwulan, yaitu bulan Juli hingga Oktober 2024. Gangguan paling sering terjadi adalah DOS Blinking 8 kasus, diikuti oleh DCU Failure 2 kasus, Rough Movement 4 kasus, dan V-Belt 4 kasus, menjadikannya masalah utama sistem PSD selama periode tersebut. Data gangguan PSD selama periode 1 caturwulan, yakni bulan Juli hingga bulan Oktober 2024, dapat disimpulkan bahwa jenis gangguan terbesar adalah gangguan DOS Blinking dengan total 47 kasus, diikuti oleh gangguan Close Failure dengan 40 kasus. Sementara itu, jenis gangguan terkecil adalah gangguan DCU Failure dengan 6 kasus, diikuti oleh gangguan Mechanic dan Motor Failure, masing-masing sebanyak 6 kasus. Ini menunjukkan bahwa gangguan DOS Blinking merupakan masalah utama yang dihadapi oleh sistem PSD selama periode tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penyebab PSD failure di Stasiun LRT Jatimulya, menghitung dampaknya terhadap waktu tunggu penumpang, serta merumuskan strategi penanganan yang efektif. Selain itu, penelitian ini menggunakan data kuantitatif untuk menganalisis pengaruh PSD failure terhadap kinerja operasi KA LRT Jabodebek. Pengujian model regresi digunakan untuk menentukan pengaruh signifikan variabel independen terhadap variabel dependen, dengan metode regresi linier sederhana menganalisis PSD failure sebagai variabel X dan kinerja operasi KA LRT sebagai variabel Y. Selama gangguan, operasi kereta dijalankan dalam Restricted Mode (RM) di bawah pengawasan Operation Control Center (OCC), sebelum kembali ke Full Automatic Mode (FAM) setelah melewati satu segmen. Hasil analisis menunjukkan bahwa PSD failure berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasi KA LRT Jabodebek, dengan kontribusi sebesar 98,21% (R² = 0,9821). Uji hipotesis menunjukkan |t hitung| lebih besar dari t tabel (10,483 > 4,303) dan p-value lebih kecil dari α (0,009 < 0,050), sehingga H₀ ditolak. Hasil ini membuktikan bahwa gangguan PSD secara signifikan menurunkan kinerja operasi KA LRT Jabodebek. Temuan ini menekankan pentingnya pemeliharaan PSD yang optimal untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional KA LRT Jabodebek.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2501070012
Keyword
Platform Screen Door PSD Failure Kinerja Operasi K