PENERAPAN METODE AGILE UNTUK PERANCANGAN SOFTWARE PADA ALAT PENUKARAN SAMPAH PLASTIK
Di Indonesia sudah mulai banyak dikembangkan mesin-mesin yang berfungsi untuk menampung sampah bahkan dapat memilah sampah secara otomatis. Seperti mesin Reverse Vending Machine yang memilah sampah dan memberikan imbalan kepada pengguna. Namun imbalan yang diberikan memicu masalah baru berupa limbah kertas maupun limbah lain. Untuk itu diperlukan inovasi yang lebih ramah lingkungan berupa pemberian poin melalui sebuah software.
Software tersebut dapat dirancang menggunakan berbagai macam metode seperti metode waterfall dan metode V-Model. Namun kedua metode tersebut kurang cocok digunakan dalam perancangan karena membutuhkan waktu dan perencanaan yang matang sehingga terkesan kaku. Sehingga pada penelitian ini software dirancang dengan metode agile yang diharapkan terciptanya software yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan dan perubahan berbasis Internet of Things (IoT).
Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa secara fungsional software berupa aplikasi Siplastop dapat berjalan sesuai rancangan dengan nilai 72.07 berdasarkan system usability scale (SUS), dengan grade “B”, kategori good dengan nilai acceptable marginal dan NSP passive Namun perlu beberapa penyesuaian pada aplikasi sehingga mendapatkan skor yang lebih tinggi dan nyaman digunakan user.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2501020003
Keyword
Agile Internet of Things Reverse Vending Machine System Usability Scale Waterfall