ANALISIS DAN PERENCANAAN GEOMETRI JALAN ANGKUT GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KOMATSU HD 785 DI PT PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK MTBU
Latar belakang yang mendasari pada penelitian ini terdapat kondisi jalan yang tidak sesuai dengan kriteria standar geometri jalan, sehingga mengakibatkan kurang optimalnya capaian pengupasan overburden yang dapat dicapai oleh alat angkut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai geometri jalan angkut yang dilakukan oleh penulis khususnya grade jalan, lebar, dan kondisi permukaan dengan tingkat penetrasi ban mencapai 25-100 mm merupakan faktor paling berpengaruh yang menyebabkan kurang optimalnya capaian target pengupasan overburden pada bulan Juli. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekomendasi desain geometri jalan angkut sesuai kriteria standar agar capaian pengupasan overburden lebih optimal dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah perbaikan geometri jalan dan kondisi permukaan jalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian terapan (applied research), yang berfokus pada pengembangan teori sebagai dasar untuk memecahkan masalah. Hasil penelitian pada area dari front Mahayung II hingga disposal Kalimutu sepanjang ±3.891 meter menunjukkan bahwa sebagian besar aspek jalan belum memenuhi standar yang diperlukan untuk mendukung kinerja alat angkut Komatsu HD 785. Setelah dilakukan rekomendasi desain geometri jalan maka kecepatan alat angkut pada kondisi muatan mengalami peningkatan dari 17,83 Kph menjadi 21,21 Kph, peningkatan serupa juga di alami pada kondisi kosongan dari 20,55 Kph menjadi 23,39 Kph. Hal tersebut berakibat pada penuruan cycle time 27,61 menit lebih cepat dari cycle time aktual 31,24 menit sehingga terjadi peningkatan capaian pengupasan overburden pada fleet tersebut sebesar 462,810 Bcm/Month lebih besar dibandingkan aktual sebesar 402,337 Bcm/Month.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2412190001
Keyword
geometri jalan tambang