Perancangan Strategi Peningkatan Intensi Penggunaan QRIS Berdasarkan Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Behavior Intention Masyarakat Generasi Z Di Provinsi Lampung
Behavior intention adalah ketika pelanggan memiliki niat setia terhadap suatu produk atau
jasa dan dengan bebas mengatakan kepada pihak lain bahwa barang atau jasa tersebut lebih
baik. Meskipun jumlah pengguna QRIS nasional pada tahun 2023 melampaui target 45
juta, Bank Indonesia Provinsi Lampung masih perlu mencapai target nasional 2024 sebesar
55 juta pengguna, terutama untuk meningkatkan penggunaan QRIS di Lampung. Tujuan
penelitian untuk menganalisis variabel yang berdampak terhadap behavior intention
Generasi Z di Provinsi Lampung saat menggunakan QRIS dan menyarankan metode untuk
meningkatkan penggunaan QRIS agar mencapai target nasional Bank Indonesia Provinsi
Lampung. Pengembangan model TAM dan TPB digunakan untuk menganalisis data
penelitian ini. Untuk pengolahan datanya menggunakan SEM-PLS serta pembuatan
rekomendasi strategi menggunakan metode analisis SWOT. Attitude adalah variabel yang
memiliki dampak terbesar atas niat perilaku. Subjective norms adalah satu-satunya variabel
yang tidak berdampak signifikan pada niat perilaku. Usulan strategi penyebaran QRIS
berupa kampanye pemasaran berdasarkan popularitas di kalangan Generasi Z dengan
mengadakan konser musik cashless, mengadakan seminar dan workshop edukasi digital di
perguruan tinggi, pemanfaatan popularitas QRIS di kalangan Generasi Z dengan
melakukan social media takeover dengan influencer atau brand, dan mengadakan hari
edukasi QRIS berisi edukasi dan sosialisasi untuk mengurangi risiko penipuan dan
kurangnya pemahaman mengenai QRIS kepada siswa/i SMA/SMK. Strategi yang di
utamakan adalah pemanfaatan popularitas QRIS di kalangan Generasi Z dengan melakukan
social media takeover dengan influencer atau brand.
Kata kunci: Behavior Intention, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),
Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Modeling – Partial Least
Square (SEM-PLS), Theory of Planned Behavior (TPB), Subjective Norms, SWOT
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2411180003
Keyword
Quick Response Code Indonesian Standard Behavior Intention Technology Acceptance Model Structural Equation Modeling Partial Least Square Theory of Planned Behavior Subjective Norms SWOT