(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Kepadatan Lalu Lintas Menggunakan Model Greenshields pada Jalan Berbelok (Studi Kasus: SPBU Jalan Sultan Agung, Kota Bandar Lampung)


Kota Bandar Lampung adalah kota yang sering mengalami kemacetan lalu lintas, salah satunya di Jalan Sultan Agung yang merupakan jalur arteri utama yang menghubungkan antar kota untuk berbagai kegiatan. Jalan Sultan Agung sering mengalami peningkatan kepadatan arus lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi jalan berbelok di Jalan Sultan Agung, dengan fokus pada simulasi lalu lintas untuk menentukan model matematika dan panjang antrean yang terbentuk. Dalam studi ini, kecepatan arus bebas yang digunakan 30 km/jam, sedangkan kepadatan saat macet diperoleh 250 smp/km. Model Greenshields digunakan untuk membangun model matematika yang menggambarkan hubungan antara kecepatan dan kepadatan lalu lintas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi jalan berbelok dengan kepadatan k_b=244 smp/km, panjang antrean yang terbentuk adalah 5 meter. Dalam kondisi lalu lintas tidak terlalu padat k_b=247 smp/km, panjang antrean meningkat sebesar 32%. Sementara itu, dalam keadaan macet total dengan k_b=250 smp/km, panjang antrean meningkat hingga 59

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410020059

Keyword
Kepadatan Lalu Lintas Model Greenshield Perubahan