Analisis Kinerja Operasi Kereta Api Feeder KCJB dan Skema Perjalanan Fakultatif
Penelitian ini menganalisis kinerja operasi KA Feeder KCJB, alur perpindahan penumpang di Stasiun Bandung dan Stasiun Padalarang, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dengan menggunakan data sekunder dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional KA Feeder KCJB masih memiliki beberapa kelemahan. Dalam kondisi eksisting saat ini jumlah penumpang bergerak fluktuatif, fluktuasi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti waktu, hari, musim, peristiwa khusus, dan tarif. Waktu tempuh sekali jalan KA Feeder KCJB adalah 19 menit, dengan jarak tempuh 14,662 km. Ada potensi konflik penggunaan jalur pada segmen Bandung-Padalarang, terutama dengan KA Lokal. Operasional eksisting saat ini belum termanfaatkan dengan baik. On time performance berada diatas 92%. Kapasitas lintas eksisting dan analisis operasional minimum dan maksimum masih menyanggupi penggunaanya. Alur penumpang akan lebih teratur di Stasiun Bandung dan Stasiun Padalarang. Dan rekomendasi jadwal perjalanan di akhir pekan atau hari libur untuk mengoptimalkan penggunaan operasional dengan memberikan fleksibilitas bagi pengguna jasa. Rekomendasi yang diberikan adalah untuk meningkatkan kinerja operasional, memperbaiki infrastruktur dan fasilitas stasiun, serta implementasi rekomendasi rancangan grafik perjalanan KA Feeder KCJB fakultatif untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna jasa. Evaluasi dan monitoring teratur juga diperlukan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410020045
Keyword
Kinerja Operasi KA Feeder KCJB Bandung Padalarang