(0721) 8030188    [email protected]   

KAJIAN NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) (STUDI KASUS : JALAN LINTAS SUMATERA, KATIBUNG)


Jalan Lintas Sumatera, Katibung merupakan jalan arteri dua lajur dan dua arah. Jalan ini mengalami peningkatan volume lalu lintas karena berbagai kegiatan industri besar dan dibangunnya kawasan transmigrasi modern yang dilengkapi dengan persawahan dan perkampungan modern. Peningkatan volume lalu lintas ini didominasi oleh berbagai jenis kendaraan besar, dimana memiliki dampak signifikan terhadap ekuivalensi mobil penumpang, yang merupakan ukuran seberapa besar sebuah kendaraan mempengaruhi lalu lintas dibandingkan dengan sebuah mobil penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai ekuivalensi mobil penumpang dengan metode regresi linier berganda serta menganalisis kinerja ruas jalan dengan nilai ekuivalensi mobil penumpang hasil regresi dan nilai ekuivalensi mobil penumpang pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 . Pengamatan secara manual dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 05 Juni 2024. Analisis nilai ekuivalensi mobil penumpang pada ruas jalan arteri, studi kasus Jalan Lintas Sumatera, Katibung menghasilkan nilai ekuivalensi mobil penumpang 0,42 pada sepeda motor (SM); 1 pada mobil penumpang (MP); 1,33 pada kendaraan sedang (KS); 14,67 pada bus besar (BB); dan 2,83 pada truk berat (TB). Analisis kinerja ruas jalan yang menghasilkan nilai DJ lebih kecil dari 0,85 pada perhitungan menggunakan emp hasil analisis regresi dan PKJI 2023, sehingga segmen jalan baik dan menggambarkan kondisi lalu lintas yang relatif ringan. Kata kunci : Ekuivalensi Mobil Penumpang, Kinerja, Regresi Linier

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410020024

Keyword
Ekuivalensi Mobil Penumpang Kinerja Regresi Linier