(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Pangeran Senopati Pasar Jati Mulyo Lampung Selatan)


ABSTRAK ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Pangeran Senopati Pasar Jati Mulyo Lampung Selatan) Oleh M. Rizky Firdaus NIM. 21117166 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Jalan merupakan hal yang sangat berguna untuk berkembangnya mobilisasi lalu lintas, oleh berkembangnya jalan serta aktivitas mobilisasi masyarakat memberikan pengaruh satu sama lain. Berkembangnya suatu kota dikarenakan adanya pertumbuhan ekonomi. Kemajuan perkembangan kota sangat bagus tapi hal itu mengakibatkan semakin tingginya kendaraan dan menyebabkan peningkatan pertumbuhan pengguna jalan. Jika kapasitas jalan tidak mampu melayani volume kendaraan maka hal itu akan menyebabkan tingginya tundaan dan waktu tempuh yang semakin besar, jadi diperlukannya informasi tentang karakteristik arus lalu lintas. Meningkatnya prasarana transportasi menyebabkan volume kendaraan yang mampu dilayani bertambah besar. Pada Pasar Jati Mulyo tepatnya di Jalan Pangeran Senopati merupakan ruas jalan yang lumayan banyak pengguna lalu lintasnya. Penelitian ini menggunakan acuan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Survei dilakukan selama 3 hari pada hari Jumat 1 Maret, Minggu 3 Maret dan Senin 4 Maret 2024. Nilai kapasitas eksisting mengalami persentase penurunan terbesar sebesar -12,33% jika dibandingkan dengan kapasitas simulasi tanpa pejalan kaki dan kapasitas simulasi tanpa parkir atau kendaraan berhenti. Nilai kapasitas eksisting jauh lebih kecil dan mengalami penurunan yang cukup signifikan, sehingga nilai tersebut dapat dioptimalkan untuk mengalami kenaikan persentase hingga -26,03% jika faktor pejalan kaki dan parkir atau kendaraan berhenti dihilangkan. Kelas hambatan samping tertinggi sangat tinggi dengan nilai frekuensi kejadian terbesar selama 3 hari waktu pengamatan terjadi pada hari senin dengan total kejadian sebesar 1280 kejadian/jam. Nilai level of service jalan yang diperoleh pada kondisi eksisting yaitu dengan nilai yaitu C dan D atau nilai v/c ratio yang diperoleh pada rentang 0,68 – 0,67. Sedangkan nilai level of service kondisi tanpa pejalan kaki dan parkir/kendaraan berhenti merupakan nilai yang optimal berhasil diperoleh dengan nilai C dimana v/c ratio berada pada rentang 0,61 – 0,63. Kata Kunci: Hambatan Samping, Kapasitas, Kinerja Jalan,

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410010097

Keyword
Hambatan Samping Kapasitas Kinerja Jalan Ruas