Analisis Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) pada Ruas Jalan ZA. Pagaralam Bandar Lampung dengan Menggunakan Metode Regresi Linier
Arus lalu lintas dinyatakan ke dalam satuan mobil penumpang (SMP) dengan
menggunakan suatu faktor koreksi yang disebut dengan ekuivalensi mobil penumpang
(EMP). Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang berfungsi untuk menyetarakan satuan jenis
jenis kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah
menentukan nilai emp berdasarkan arus lalu lintas saat ini serta membandingkannya
dengan nilai emp dalam PKJI 2023. Penelitian ini dilakukan pada Jalan ZA. Pagaralam
yang merupakan salah satu ruas jalan utama di Kota Bandar Lampung. Pengumpulan data
yang dilakukan untuk mendapatkan arus lalu lintas, kecepatan mobil penumpang,
hambatan samping, dan geometri jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh
nilai emp Jalan ZA. Pagaralam arah timur ke barat sebesar 0,89 untuk sepeda motor dan
4,08 untuk kendaraan sedang, sedangkan arah barat ke timur diperoleh nilai emp untuk
sepeda motor dan kendaraan sedang sebesar 0,65 dan 2,96. Hasil perbandingan
menunjukkan bahwa nilai emp SM (0,25) dan emp KS (1,2) dalam PKJI 2023 lebih kecil
dari hasil yang didapat menggunakan metode regresi linier. Perolehan nilai emp metode
regresi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti volume kendaraan, kecepatan kendaraan
serta karakteristik jalan yang menyebabkan nilai emp menjadi besar. Nilai Dj yang
diperoleh dari emp PKJI 2023 sebesar 0,6 arah timur ke barat dan 0,55 arah barat ke timur.
Sedangkan perolehan Dj berdasarkan emp regresi linier arah timur ke barat sebesar 1 dan
barat ke timur sebesar 0,85.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410010029
Keyword
ekuivalensi mobil penumpang kinerja ruas jalan kecepatan kendaraan.