(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) pada Ruas Jalan ZA. Pagaralam Bandar Lampung dengan Menggunakan Metode Regresi Linier


View/Open

Author

Advisor

Koleksi
Student Dissertations and Theses

Publisher


Arus lalu lintas dinyatakan ke dalam satuan mobil penumpang (SMP) dengan menggunakan suatu faktor koreksi yang disebut dengan ekuivalensi mobil penumpang (EMP). Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang berfungsi untuk menyetarakan satuan jenis-jenis kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan nilai emp berdasarkan arus lalu lintas saat ini serta membandingkannya dengan nilai emp dalam PKJI 2023. Penelitian ini dilakukan pada Jalan ZA. Pagaralam yang merupakan salah satu ruas jalan utama di Kota Bandar Lampung. Pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan arus lalu lintas, kecepatan mobil penumpang, hambatan samping, dan geometri jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai emp Jalan ZA. Pagaralam arah timur ke barat sebesar 0,89 untuk sepeda motor dan 4,08 untuk kendaraan sedang, sedangkan arah barat ke timur diperoleh nilai emp untuk sepeda motor dan kendaraan sedang sebesar 0,65 dan 2,96. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai emp SM (0,25) dan emp KS (1,2) dalam PKJI 2023 lebih kecil dari hasil yang didapat menggunakan metode regresi linier. Perolehan nilai emp metode regresi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti volume kendaraan, kecepatan kendaraan serta karakteristik jalan yang menyebabkan nilai emp menjadi besar. Nilai Dj yang diperoleh dari emp PKJI 2023 sebesar 0,6 arah timur ke barat dan 0,55 arah barat ke timur. Sedangkan perolehan Dj berdasarkan emp regresi linier arah timur ke barat sebesar 1 dan barat ke timur sebesar 0,85.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2410010015

Keyword