Perancangan Struktur Dermaga Curah Cair di Perairan Cilegon, Banten
Pelabuhan diperairan Cilegon merupakan pelabuhan yang dibangun untuk mengatasi kepadatan pelabuhan Merak dan untuk meningkatkan kapasitas produksi MIGAS di Colegon. Pelabuahan ini digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal curah cair yang dirancang agar mampu melayani kapal bertambat sebesar 50.000 DWT dan dapat menahan beban mati, beban hidup, beban lingkungan , beban sandar kapal dan beban tarik kapal. Untuk menghitung perencanaan layout dan dimensi struktur menggunakan The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan(OCDI). Adapun data-data yang digunakan pada tugas akir ini berupa pengoalhan data pasang surut, angin, gelombang, batimetri dan spesifikasi kapal yang diolah menggunakan persamaan OCDI yang mempunyai elevasi dermaga +6,2 m pada kedalaman perairan -13,86 m yang ditinjau dari Mean Sea Level (MSL). Dari perhitungan OCDI menghasilkan perhitungan dimensi-dimensi struktur seperti ukran loading platform 30 x 20 meter, dimensi bresting dolphin 7 x 7 m, mooring dolphin 5 x 5, dan trestle 40 x 6 m. Energi berlabuh kapal 35,11 kN.m energi abrormal berlabuh 43,88 kNm. Fasilitas dermaga yang digunakan berupa jib crane, fire monitor tower, loading arm,pipa, kendaaraan, bollar , dan fender. Untuk pemodelan struktur menggunakan SAP 2000 versi 20, analisis dilakukan terhadap material, dimensi rangka, dan dimensi area yang dirancang untuk mencapai geometri struktur.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409300029
Keyword
Pelabuhan Cilegon Struktur Dermaga Permodelan Dermaga Dermaga Curah Cair Fasilitas Dermaga