(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Visual Branding Untuk Meningkatkan Brand Awareness Ikan Asap Sebagai Oleh-Oleh Lampung Di Kabupaten Tulang Bawang


Perancangan visual branding ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness ikan asap sebagai oleh-oleh Lampung di Kabupaten Tulang Bawang. Melalui perancangan ini, ikan asap diperkenalkan kepada konsumen lokal maupun luar Lampung dengan startegi branding yang mendalam dan fokus utama pada pembangunan identitas merek yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan proses perancangan menggunakan metode perancangan “The Branding Proscess” yang mencakup beberapa tahap conduction reserach, clarifyng startegy, designing identity, creating touchpoint dan managing assets. Strategi ini dirancang untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan meningkatkan brand awareness ikan asap sebagai oleh-oleh Lampung di Kabupaten Tulang Bawang. Hasil upaya yang dilakukan meningkatkan brand awarensess terhadap produk ikan asap, baik di kalangan masyarakat Lampung dan luar Lampung serta berdampak positif bagi UMKM lokal produsen ikan asap di Tulang Bawang. Adapaun output media utama perancangan ini meliputi Identitas visual yaitu logo, kemasan, spanduk, serta media pendukung yaitu x-banner, sticker A6, sosial media, brosur, stampel, paper bag untuk yang semuannya dirancang untuk mendukung media promosi produk secara efektif. Melalui startegi ini, ikan asap Tulang Bawang semakin dikenal dan diminati sebagai oleh-oleh khas Lampung yang memiliki identitas visual yang kuat.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409300011

Keyword
Local Product Brand Awareness Ikan Asap Nilai Jual Tulang Bawang