Perancangan Public Service Announcement untuk Mengedukasi Bahaya Disinformasi dan Manipulasi Opini Publik dalam Kampanye Politik di Media Sosial
Disinformasi dan manipulasi opini publik merupakan isu kritis dalam konteks demokrasi modern, terutama selama periode kampanye politik. Media sosial, sebagai alat komunikasi massa yang luas, sering dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang menyesatkan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat publik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Public Service Announcement (PSA) yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya disinformasi dan manipulasi opini di media sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan pada perancangan ini adalah metode kualitatif, studi literatur dan kuesioner yang menjadi acuan pengumpulan data. Tahapan perancangan iklan ini meliputi proses pengumpulan data verbal maupun visual, proses visualisasi karya dengan tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan paska produksi. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah konsep Public Service Announcement (PSA) yang mengintegrasikan elemen visual yang menarik pesan agar mudah dimengerti untuk mengedukasi serta diharapkan dapat menjadi alat bantu dalam memerangi disinformasi dan mempromosikan kebijaksanaan dalam mengonsumsi informasi selama periode penting seperti kampanye politik. Implementasi edukasi ini diterapkan juga diberbagai media sosial, seperti tiktok, reels, shorts, serta didukung oleh social media content, poster, campaign DTF, Ambience Interactive dan merchandise.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409280020
Keyword
Disinformasi Manipulasi Opini Publik Public Servic