Kajian Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) Metode Time Headway dan Metode Regresi Linear Berganda (Studi Kasus Ruas Jl. Dr. Susilo)
Ekuivalensi mobil penumpang (EMP) merupakan sebuah faktor yang digunakan untuk
mengubah satuan kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Nilai satuan mobil
penumpang berguna untuk menentukan arus lalu lintas agar bersifat homogen. Namun
seiring dengan bertambahnya penduduk dan penggunaan kendaraan, nilai EMP dirasa
kurang sesuai jika digunakan di masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung
nilai EMP di lapangan pada ruas jalan Dr. Susilo, Kota Bandar Lampung. Dengan adanya
nilai EMP yang terbarukan, diharapkan penilaian kinerja ruas jalan menjadi lebih sesuai
dengan masa sekarang. Penelitian ini menggunakan metode time headway dan regresi
linear berganda untuk menghitung nilai EMP yang akan dibandingkan dengan nilai EMP
yang tertera pada PKJI 2023. Setelah itu akan dibandingkan kinerja ruas jalan dari ketiga
nilai EMP tersebut. Data Primer pada penelitian ini meliputi time headway, kecepatan
mobil penumpang, volume kendaraan, dan frekuensi hambatan samping. Data sekunder
yang digunakan yaitu jumlah penduduk kota Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini
didapat EMP metode time headway sebesar 0,5 (SM), dan 1,33 (KS), sedangkan metode
regresi linear sebesar 0,37 (SM), dan 6,25 (KS). Perhitungan kinerja ruas jalan
menggunakan EMP PKJI 2023, time headway, dan regresi linear. Hasilnya dengan EMP
PKJI dan regresi linear, derajat kejenuhan yang didapat sebesar 0,68 dan 0,82 yang artinya
kinerja ruas jalan baik. Sedangkan dengan EMP time headway sebesar 0,92 yang artinya
kinerja ruas jalan kurang baik. Kecepatan tempuh di lapangan didapat sebesar 33,52
km/jam yang menandakan kendaraan masih bisa berjalan lancar dan kinerjanya dapat
tergolong baik.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409260021
Keyword
Ekuivalensi Mobil Penumpang Time Headway Regresi Linear Berganda Kinerja Ruas Jalan PKJI 2023