(0721) 8030188    [email protected]   

EVALUASI ASPEK USABILITY APLIKASI MYSMARTFREN DENGAN METODE USABILITY TESTING DAN KUESIONER SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)


MySmartfren adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Smartfren Telecom, Tbk yang memberikan layanan internet di Indonesia dengan produk provider Smartfren. Aplikasi MySmartfren memiliki rating 4,4 dari skala 5 di Playstore dan hasil ulasan lebih dari 1 juta pengguna yang terdiri dari permasalahan tampilan, fitur aplikasi, dan terjadinya error ketika menggunakan aplikasi. Berdasarkan permasalahan dari aplikasi MySmartfren yang sesuai dengan masalah usability, maka penelitian ini akan melakukan evaluasi usability pada aplikasi MySmartfren. Tahapan pelaksanaan penelitian ini adalah evaluasi usability aplikasi MySmartfren pada dua kategori user pengguna, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan analisis hasil usability testing kemudian dibandingkan antara pengguna novice user dan expert user. Metode yang digunakan untuk evaluasi usability adalah usability testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang dilakukan pada 30 user yang terdiri atas novice user dan expert user. Ditemukan 6 permasalahan yang akan dijadikan dasar rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip Schneiderman’s 8 Golden Rules.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409260003

Keyword
Usability Aplikasi MySmartfren Usability Testing S Usability MySmartfren Apps Usability Testing Syste