(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Pemasaran Karet di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran


Karet merupakan komoditas penting bagi perekonomian petani di Kecamatan Gedong Tataan. Akan tetapi, kendala dalam saluran pemasaran sering kali menghambat penentuan harga yang menguntungkan bagi petani. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa petani karet di Kecamatan Gedong Tataan masih menghadapi banyak permasalahan seperti rendahnya kuantitas produksi, alur pemasaran yang beragam, fluktuasi harga, dan tidak terbukanya informasi pasar di tingkat kelembagaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel petani dan lembaga pemasaran dilakukan dengan menggunakan purposive dan snowball sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran melalui margin, farmer's share, dan rasio keuntungan atas biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran karet di Kecamatan Gedong Tataan, yaitu (I) petani - koperasi - pabrik karet remah, (II) petani - pedagang pengumpul - pengepul - pabrik karet remah, dan (III) petani - pedagang pengumpul - pedagang besar - pabrik karet remah. Setiap pelaku pemasaran pada masingmasing saluran menjalankan fungsi pemasaran yang meliputi aktivitas pertukaran, fisik, dan fasilitas. Hasil analisis efisiensi menunjukkan bahwa saluran I dinyatakan sebagai pemasaran yang paling efisien dengan memiliki nilai margin pemasaran terendah sebesar Rp.3.746,17, farmer's share tertinggi 70,11%, dan rasio keuntungan atas biaya lebih dari satu yaitu 1,63.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409250189

Keyword