Estimasi Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Dengan Multiple Linear Regression Method Pada Ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar
Estimasi nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) merupakan faktor penting dalam perencanaan dan analisis transportasi, khususnya dalam mengukur dampak berbagai jenis kendaraan pada kapasitas jalan raya. Pada penelitian ini estimasi nilai emp dilakukan pada jalan bebas hambatan tipe 2/4 terbagi oleh median concrete barrier. Nilai emp digunakan untuk mengkonversi volume kendaraan campuran menjadi volume ekivalen kendaraan penumpang standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasikan nilai emp dengan menggunakan multiple lienar regression method, yang mempertimbangkan variabel yang berpengaruh antara arus lalu lintas dengan kecepatan rata-rata kendaraan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari survei lapangan pada dua kondisi yaitu kondisi arus mudik lebaran 2024 dan arus normal di ruas jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Variabel terikat yang diidentifikasi meliputi kecepatan rata-rata kendaraan. Kemudian variable bebas terdiri dari arus lalu lintas. Melalui perhitungan multiple linear regression, didapatkan koefisien regresi untuk memprediksi nilai emp dengan menyetarakan antara koefisien regresi masing-masing kendaraan dengan koefisien regresi mobil penumpang. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel arus lalu lintas memiliki pengaruh signifikan terhadap arus lalu lintas. Persamaan regresi yang dihasilkan dapat digunakan oleh untuk mengestimasikan nilai emp. Nilai emp yang diperoleh dengan data arus mudik untuk mobil penumpang, kendaran sedang, bus besar dan truk besar secara berurutan yaitu 1; 2,6; 6; dan 7,2. Nilai emp yang diperoleh dengan data arus normal untuk mobil penumpang, kendaran sedang, bus besar dan truk besar secara berurutan yaitu 1; 3,7; 5,1; dan 2,6. Kemudian jika dibandingkan emp lapangan memiliki nilai yang berbeda dengan emp yang terdapat dalam PKJI 2023 untuk untuk mobil penumpang, kendaran sedang, bus besar dan truk besar secara berurutan yaitu 1; 1,2; 1,2; dan 1,6 . Sehingga dapat diketahui bahwa nilai emp dapat berubah sesuai kondisi lapangan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409250169
Keyword
ekivalensi mobil penumpang kecepatan kendaraan arus lalu lintas