(0721) 8030188    [email protected]   

Pengembangan Sistem Informasi Living Cost Berbasis Web Dan Aplikasi Mobile Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (PXP) (Studi Kasus: SMAN 10 Kaur Pentagon)


Living cost adalah istilah yang merujuk pada total biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari seseorang atau suatu kelompok. Living cost di SMAN 10 Kaur (Pentagon) dibayarkan rutin oleh orang tua siswa setiap bulannya, living cost digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari siswa dan siswi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi living cost di SMAN 10 Kaur (Pentagon) menggunakan metode Personal Extreme Programming (PXP), melakukan pengujian fungsionalitas sistem dengan menggunakan metode Black Box Testing, mengukur tingkat kegunaan (usability) sistem menggunakan System Usability Scale (SUS), dan menguji performa sistem menggunakan Apache Jmeter. Sistem ini berbasis aplikasi mobile dan website yang memliki fitur utama yaitu pembayaran living cost menggunakan Payment Gateway, pengelolaan pemasukan dan pengeluaran, pendataan siswa, dan mencetak laporan keuangan. Sistem dikembangkan menggunakan metode PXP yang dimulai dari requirement, planning, iteration initialization, design, implementation, system testing, dan retrospective. Terdapat 15 User Story dan 4 iterasi yang diselesaikan dalam 52 hari. Unit testing yang dilakukan menggunakan Black Box secara keseluruhan berhasil, tingkat kegunaan (usability) mengunakan SUS didapat skor akhir 74.23 (acceptable) dengan grade B sehingga dapat diterima oleh pihak sekolah. Pengujian Performance Testing menunjukkan status “Success” dengan waktu respon 10 detik pada semua iterasi. Penelitian ini berhasil mencapai tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan SMAN 10 Kaur (Pentagon) untuk membantu manajemen living cost sekolah

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409250133

Keyword
Living Cost Sistem Informasi PXP Black Box SUS Apache JMeter