(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Strategi Branding Untuk Mengenalkan Sulam Usus Khas Lampung Melalui Media Buku Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Lokal di Kabupaten Tulang Bawang


Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kembali kerajinan sulam usus khas Lampung, khususnya di kalangan remaja di Tulang Bawang, melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya eksistensi kebudayaan khas Lampung seperti sulam usus akibat meningkatnya jumlah pendatang dan minimnya kesadaran di kalangan remaja akan pentingnya melestarikan budaya lokal. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking, yang menggabungkan penelitian dan analisis untuk memahami target audiens untuk menghasilkan strategi yang tepat. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan survei sebagai acuan dalam pengembangan analisis proses perancangan kualitatif. Hasil akhir dari perancangan ini adalah Buku teks, video pembuatan sulam usus, konten media sosial, leaflet, poster, banner, dan kerajinan sulam usus, serta didukung dengan kegiatan workshop perkenalan sulam usus yang menunjukkan bahwa pendekatan yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebudayaan lokal dan kebutuhan target audiens untuk meningkatkan kesadaran dan minat remaja terhadap kerajinan sulam usus Lampung. Kata kunci: Kebudayaan, Kerajinan Daerah, Strategi Branding, Sulam Usus

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240325

Keyword
Kebudayaan, Kerajinan Daerah, Strategi Branding, Culture, regional crafts, branding strategy, intes