Perancangan Strategi Branding Untuk Mengenalkan Sulam Usus Khas Lampung Melalui Media Buku Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Lokal di Kabupaten Tulang Bawang
Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kembali kerajinan sulam usus khas Lampung,
khususnya di kalangan remaja di Tulang Bawang, melalui pendekatan Desain
Komunikasi Visual. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya eksistensi kebudayaan
khas Lampung seperti sulam usus akibat meningkatnya jumlah pendatang dan minimnya
kesadaran di kalangan remaja akan pentingnya melestarikan budaya lokal. Metode yang
digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking, yang menggabungkan
penelitian dan analisis untuk memahami target audiens untuk menghasilkan strategi yang
tepat. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan survei sebagai acuan
dalam pengembangan analisis proses perancangan kualitatif. Hasil akhir dari perancangan
ini adalah Buku teks, video pembuatan sulam usus, konten media sosial, leaflet, poster,
banner, dan kerajinan sulam usus, serta didukung dengan kegiatan workshop perkenalan
sulam usus yang menunjukkan bahwa pendekatan yang berfokus pada pemahaman
mendalam terhadap kebudayaan lokal dan kebutuhan target audiens untuk meningkatkan
kesadaran dan minat remaja terhadap kerajinan sulam usus Lampung.
Kata kunci: Kebudayaan, Kerajinan Daerah, Strategi Branding, Sulam Usus
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240325
Keyword
Kebudayaan, Kerajinan Daerah, Strategi Branding, Culture, regional crafts, branding strategy, intes