DESAIN & ANALISIS STRUKTUR BOLSTER TEMPORARY BOGIE KERETA DEPO LRT JABODEBEK DENGAN METODE FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA) DAN MOTION STUDY ANALYSIS
Bogie temporary merupakan alat untuk mindahkan sebuah part, car body, ataupun bagian kereta lainnya yang berhubungan dengan kereta api dari tempat pemasangan satu ke pemasangan komponen selanjutanya. Beban gerbong yang diterima oleh bogie akan menghasilkan tegangan dan defleksi sehingga diperlukan analisis kekuatan struktur. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kekuatan dari struktur boslter desain eksisting dengan variasi pengembangan bolster mekanisme lifting antara lain mekanisme lifting 2 hidrolik, dan mekanisme lifting hidrolik center pada kondisi beban statis dan memastikan hasil simulasi memenuhi standar EN 13749. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu analisis elemen hingga (Finite Element Analysis) dengan software Ansys dan Solidworks. Hasil penelitian adalah nilai tegangan maksimum (von-mises), nilai defleksi maksimum, dan nilai safety factor pada desain variasi bolster lift. Nilai tegangan maksimum yang diperoleh dari simulasi kemudian dibandingkan dengan nilai yield strength material S355J2 sebesar 355 MPa. Dari ketiga jenis variasi desain diperoleh tegangan maksimum (von-mises) kurang dari nilai yield strength material. Nilai tegangan maksimum tertinggi terletak pada desain eksisting yaitu sebesar 352,228 MPa dengan defleksi maksimum 0,0108630 mm dan safety factor sebesar 1,00.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240291
Keyword
bogie temporary bolster Analisis Elemen Hingga Ansys Solidworks EN