EVALUASI ASPEK USABILITY APLIKASI MYSMARTFREN DENGAN METODE USABILITY TESTING DAN KUESIONER SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
MySmartfren adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Smartfren Telecom, Tbk
yang memberikan layanan internet di Indonesia dengan produk provider Smartfren.
Aplikasi MySmartfren memiliki rating 4,4 dari skala 5 di Playstore dan hasil ulasan
lebih dari 1 juta pengguna yang terdiri dari permasalahan tampilan, fitur aplikasi,
dan terjadinya error ketika menggunakan aplikasi. Berdasarkan permasalahan dari
aplikasi MySmartfren yang sesuai dengan masalah usability, maka penelitian ini
akan melakukan evaluasi usability pada aplikasi MySmartfren. Tahapan
pelaksanaan penelitian ini adalah evaluasi usability aplikasi MySmartfren pada dua
kategori user pengguna, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan analisis hasil
usability testing kemudian dibandingkan antara pengguna novice user dan expert
user. Metode yang digunakan untuk evaluasi usability adalah usability testing dan
kuesioner System Usability Scale (SUS) yang dilakukan pada 30 user yang terdiri
atas novice user dan expert user. Ditemukan 6 permasalahan yang akan dijadikan
dasar rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip Schneiderman’s 8 Golden Rules.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240221
Keyword
Usability, Aplikasi, MySmartfren, Usability Testin Usability, MySmartfren Apps, Usability Testing, Sy