PENGEMBANGAN APLIKASI BANK MINI BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE MODIFIED WATERFALL (STUDI KASUS : SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG)
Sebuah sistem mungkin tidak bisa digunakan secara maksimal untuk
pendidikan, jika fungsionalitasnya kurang memadai. SMK Negeri 7 Bandar
Lampung, sebagai lembaga pendidikan yang maju karena mengimplementasikan
berbagai teknologi dalam proses pembelajarannya, terutama pada jurusan akuntansi
melalui pemanfaatan bank mini. Namun, keberhasilan implementasi teknologi ini
masih terkendala oleh fitur-fitur penting yang belum terimplementasi dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas bank mini dengan
menggunakan metode Modified Waterfall. Metode ini dipilih karena efektif dan
fleksibilitasnya dalam menghadapi perubahan kebutuhan tanpa harus memulai dari
awal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan fungsionalitas bank mini melalui
penambahan fitur-fitur baru, seperti notifikasi transaksi user, pusat bantuan untuk
user dan admin jika terkendala, transaksi pembayaran SPP, dan panduan
penggunaan aplikasi bank mini. Pengujian black box berhasil mencapai tingkat
keberhasilan 100% yang dilakukan bersama salah satu guru jurusan akuntansi SMK
Negeri 7 Bandar Lampung, sementara evaluasi pengalaman pengguna
menggunakan User Experience Questionnaire-Short (UEQ-S) dengan 75
responden terdiri dari kelas X, XI, dan XII yang mendapatkan skor rata-rata sebesar
1,71 dan skor ini termasuk kedalam kategori “Excellent”.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240167
Keyword
Bank Mini Modified Waterfall User UEQ-S Transaksi