Karakteristik Pola Perjalanan Civitas Akademika Universitas Lampung (UNILA)
Komponen utama yang mewujudkan transportasi berkelanjutan adalah pola pergerakan yang perlu direncanakan dengan baik. Berdasarkan tujuan pergerakannya terdapat beberapa pergerakan yang sering dilakukan salah satunya pergerakan ke sekolah atau universitas. Keberadaan UNILA memicu pergerakan besar di Kota Bandar Lampung, dikarenakan meningkatnya jumlah civitas UNILA yang menggunakan kendaraan pribadi yang dapat meningkatkan volume kendaraan yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas di sekitar UNILA. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan karena belum adanya data mengenai karakteristik pola perjalanan yang dapat digunakan sebagian masukan untuk kebijakan transportasi di sekitar UNILA dan untuk mewujudkan kondisi transportasi yang berkelanjutan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik pola perjalanan staf dan mahasiswa UNILA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif dengan metode kuantitatif, lalu dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis spasial. Berdasarkan analisis penelitian ini, terdapat 3 aspek yaitu sosio-demografis, karakteristik tempat tinggal, dan karakteristik perjalanan. Dalam aspek sosio-demografis adanya variasi pendapatan atau uang saku dan kepemilikan kendaraan antara staf dan mahasiswa. Dalam aspek karakteristik tempat tinggal terdapat perbedaan jarak tempat tinggal antara staf dan mahasiswa. Dalam aspek karakteristik perjalanan terdapat trip rate berdasarkan sosio-demografis staf dan mahasiswa sama-sama melakukan trip rate terbanyak di hari senin, pada hasil distribusi temporal berdasarkan sosio-demografis, staf lebih padat melakukan perjalanan di jam 16:00 sedangkan mahasiswa di jam 13:00 dalam waktu seminggu, pada hasil aktivitas berdasarkan sosio-demografis, staf lebih sering melakukan perjalanan dengan tujuan aktivitas bekerja (working) sedangkan mahasiswa lebih sering melakukan perjalanan dengan tujuan aktivitas tempat tinggal (home). Dengan demikian data karakteristik pola perjalanan civitas UNILA dapat dijadikan sebagai bahan acuan masukan masalah transportasi di sekitar UNILA.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409240100
Keyword
Transportasi Berkelanjutan Pola pergerakan Civitas Akademika UNILA